Loading Pencarian

Sekelumit Kisah Tentang DLNA

Posted by samcro on Monday, June 13, 2011




Seperti halnya WIFI, populasi perangkat khususnya ponsel yang mengadopsi teknologi DLNA maikn menjamur. Beberapa ponsel papan atas berkelas premium rata-rata sudah memiliki fitur ini. Lalu saat pabrikan sudah membenamkan fitur ni ke dalam produk nya, apa saka kelebihannya lalu seperti apa keuntungan penggunaan DLNA dalam kehidupan sehari-hari.

Awalnya DLNA yang merupakan kepanjangan dari Digital Living Network Alliance, adalah suatu aliansi perdagangan non profit yang di bentuk oleh Sony pada tahun 2003. Aliansi ini memiliki lebih dari 250 perusahaan yang tergabung di dalamnya. Para anggota menyatakn DLNA adalah teknologi berbasis stansar yang digunakan untuk mempermudah penguna saling berbagi termasuk menerima dan mengirimkan berbagai koen termasuk, foto, video, music dan lain-lain dari satu perangkat bersertifikat DLNA ke perangkat lain. Sampai awal 2011, sudah lebih dari 9000 perangkat mendapatkan sertifikasi DLNA.

Melalui DLNA, dapat merevolusi cara pengguna menemukan, mengirim, menyimpan, mendownload, bermain maupun mencetak konten digital. Yang dibutuhkan hanya jaringan baik kabel maupun tanpa kabel, Hal ini Karen perangkat yang punya “DLNA certified” dapat terhubung dan saling berkomunikasi satu sama lain menggunakan jaringan asal seperti halnya internet broadband.

Contoh gampangnya, ketika pengguna memiliki koleksi film yang tersimpan dalan jaringan PC/Ponsel kalian bersertifikat Digital Media Server (DMS). Maka daripada hanya menonton film tersebut dilayar PC atau ponsel yang terbilang kecil, maka pengguna bias mengirimkan kopnten film tersebut ke TV LCD di ruang tamu. Karena TV LCD tersebut juga sudah mengadopsi “DLNA certified” sebagai Digital Media Player (DMP) maka si pengguna dapat menggunakan media TV tersebut untuk menemukan film tersebut dan kemudian menayangkannya di perangkat TV.

Begitu pula halnya untuk music, ketika pengguna memasukkan semua music favorit ke dalam PC/Ponsel. Saat menggunakan “DLNa certified” yang dapat disertifikasi sebagai pengontrol media mobile digital (M-DMC), pengguna dapat menemukan lagu yang diinginkan pada PC/Ponsel untuk kemudian mengirimkan lagu tersebut ke perangkat speaker nirkabel yang bersertifikasi DLNA dan kemudian memainkannya di speaker tersebut. 

Tentunya seiring waktu, produk yang memiliki sertifikasi DLNA akan bertambah seperti halnya pada ponsel maupun PDA yaitu termasuk perangkat konsol game, digitak kamera, speaker nirkabel, ,dan lain sebagainya.

Artikel Yang Terkait :

0 Comments
Comments

{ 0 comments... SilahkanTambah Komentar }

Post a Comment

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan comment aja. Kalo saya bisa jawab pasti akan saya jawab, dan Sebaliknya. Comment yang baik - baik aja jangan bikin Spam saya penuh.

♥ (●̮̮̃•̃)●̮̮̮̮̃̃•̃̃) Peace!!
♥ /█\ /█\
♥_||_ ||_ ♥

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Total Tayangan Laman