Loading Pencarian

Membuat CCTV Sendiri Dengan Webcam

Posted by samcro on Saturday, July 2, 2011

Membuat CCTV Sendiri Dengan Webcam


Bagaimana cara membuat cctv sendiri ?? inilah salah satu caranya
Membuat cctv sendiri menggunakan Webcam
Ada yang tahu CCTV…mungkin ini bukan hal yang asing lagi bagi kita. CCTV merupakan kamera yang berfungsi memonitor semua kegiatan dalam sebuah area ruangan, taman, bandara, mall hotel dan sebagainya. CCTV sendiri singkatan dari Close Circuit TeleVision istilahnya jaringan televisi tertutup, dimana hanya pihak-pihak tertentu saja yang bisa melihat, misal: security / penjaga. Adapun sebelum sepopuler sekarang biasannya kebanyakan digunakan di BANK, sebagai bagian pengamanan terhadap akses terhadap transaksi uang.
Dilihat dari fungsinya CCTV berfungsi membantu petugas keamanan untuk mengawasi bagian-bagian tertentu yang dirasa rawan terhadap tindak kejahatan dan membutuhkan pengawasan 24jam. Dilihat dari segi pemasangan harganya lumayan mahal. Dan untuk sekarang fungsi CCTV sudah sangat luas sekali, disetiap sisi. Kita pun bisa membuat CCTV sederhana dengan menggunakan webcam dan soft yang sudah ada.
Adapun peralatan yang dibutuhkan :
1. PC/Laptop sebagai host (klo bisa hidup 24 jam nonstop yang berfungsi untuk merekap aktifitas dan HDD yang berkapasitas besar jika mau medokumentasikannya).
2. Web Camera sebagai alat perekam, biasanya harga webcam ini bervariasi namum tergolong masih murah. Yang saya sarankan adalah sebuah webcam yang memiliki minimal resolusi 1.3MP, dengan tingkat pencahayaan bagus, sukur-sukur kalau bisa yang memiliki fitur night vision.
3. Internet yang berfungsi memonitor secara online dari tempat jauh.
4. hardisk yg punya ukuran besar .
cat: saya pernah mencoba merekam kurang lebih 20 menit ukuran nya ratusan MB.
software yang dibutuhkan cuma satu, dalam hal ini saya memakai WEBCAMPXP versi 5. Walaupun sebenarnya masih banyak software yang bisa kita gunakan.
Langkah sederhananya:
1. pasang kamera yg akan kita jadikan kamera cctv.
2. install webcamxp5 nya.Biasanya versi trial dan cari via google. tp klo mau yg versi trial + keygen saya ada dan silahkan download di SINI

web Membuat CCTV sendiri dengan webcam
3.Langkah selanjutnya pilih driver untuk camera

web2 Membuat CCTV sendiri dengan webcam
4. aktifkan /enable pada web / broadcast dll
5. acces restriction juga diaktifkan, kemudian klik add/update untuk mengaktifkan password dan username disaat kita mau mmelihat di website nantinya.
bisa diklik di http://……..com yg sudah ada biasanya terlihat di webcamxp klo sukses koneksinya.
camera Membuat CCTV sendiri dengan webcam
cat:
- Selanjutnya untuk melihat beberapa kamera, kamu harus menyediakan 2 atau lebih kamera+sudah ada driver nya yg terinsatll dari masing2 kamera.
- Pada tampilan muliti view, klik kanan salah satu kotak kamera yg ada di sebelah kanan, kemudian pilih jenis driver kameranya. Nah kalau cuma satu pada PCI/USB Driver yg teridentifikasi, kamu bisa menggunakan IP Camera
- Saya bisa memonitor dari jauh menggunakan internet dengan menggunakan IP yang setingkat yang dipakai pada IP komputer sumber. Untuk IP yang tidak setingkat saya belum mencoba.
WebcamXP : Dwonload
Atau mau download software yang lain Download software lain
Ok selamat mencobanya dan semoga berhasil.

Artikel Yang Terkait :

0 Comments
Comments

{ 0 comments... SilahkanTambah Komentar }

Post a Comment

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan comment aja. Kalo saya bisa jawab pasti akan saya jawab, dan Sebaliknya. Comment yang baik - baik aja jangan bikin Spam saya penuh.

♥ (●̮̮̃•̃)●̮̮̮̮̃̃•̃̃) Peace!!
♥ /█\ /█\
♥_||_ ||_ ♥

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Total Tayangan Laman