Loading Pencarian

PENYEBAB KOMPUTER SERING RESTART SENDIRI

Posted by samcro on Wednesday, June 29, 2011


Komputer yang sering restart sendiri memang sangat menjengkelkan, apalagi jika kita sedang bergelut dengan pekerjaan yang penting dan diburu dengan waktu, pastinya sangat menjengkelkan. Dalam hal teknis banyak sekali hal yang bisa menyebabkan komputer restart sendiri, baik itu dari masalah hardware maupun software. Kali ini sobatpc.com akan sharing mengenai penyebab komputer sering restart sendiri dan bagaimana mengatasinya. Dengan mengetahui penyebabnya, setidaknya kita bisa mencoba untuk memperbaiki komputer kita sebelum membawanya ke jasa service komputer.
Penyebab Komputer sering restart antara lain :
  1. Komputer sering restart karena Processor overheating (terlalu panas).
    Cara cek processor yang overheating (terlalu panas) :
    • Melihat kondisi temperatur pada menu Hardware Monitor di BIOS
    • Menggunakan program monitoring temperatur seperti misalnya CPUID Hardware Monitor
    • Mengecek secara manual yaitu dengan membuka casing CPU dan meraba sendiri temperatur pada bagian Pendingin (Cooler) Processor.
    Penyebab Processor yang overheating (terlalu panas):
    • Putaran kipas / fan pendingin Processor yang sudah menurun (putaran pelan).
    • Menumpuknya debu pada sirip-sirip Pendingin Processor, ini adalah hal yang sering terjadi terutama apabila ruangan tempat penyimpanan komputer berdebu.
    • Sudah keringnya atau bahkan tidak adanya thermal paste yang merekatkan antara Processor dan Pendinginnya.
    • Kondisi ruangan tempat penyimpanan komputer yang memang panas.
    Cara Service Komputer yang Sering Restart akibat overheating / kepanasan :
    • Bersihkan debu yang terdapat dalam Casing CPU dan Pendingin Processor secara berkala dengan kuas kecil atau gunakan blower jika ada.
    • Lapisi ulang processor dengan thermal paste, sebelumnya buang / kerik thermal paste kering yang nempel di processor / pendinginnya.
    • Tempatkan komputer di ruangan yang tidak terlalu panas (lebih baik ber-AC), gunakan kipas tambahanan jika perlu
    • Gunakan program monitoring temperatur, misalnya CPUID Hardware Monitor untuk mengetahui secara dini kondisi overheat pada Processor.
  2. Komputer sering restart karena Power Supply yang kekurangan daya.
    Kurangnya daya Power Supply dapat menyebabkan komputer sering restart. Penyebab power suply kurang daya adalah menurunnya putaran kipas atau matinya Kipas power supply, sehingga terjadi overheat pada komponen Power Supply itu sendiri. Apabila anda merasa curiga dengan performa Power Supply yang terpasang sebaiknya ganti dulu bagian power Supply ini dengan Power Supply yang terbukti berfungsi baik. Semakin besar daya / watt power suply semakin bagus.
  3. Komputer sering restart karena VGA Card rusak
    Komputer sering restart sendiri juga bisa terjadi karena rusaknya bagian VGA Card yang terpasang pada slot AGP atau PCI. Biasanya VGA Card yang rusak akan terasa cepat panas pada bagian pendinginnya, selain itu tampilan gambar pada layar monitorpun menjadi rusak. Untuk itu apabila komputer Anda sering restart ada baiknya juga untuk mengecek komponen tersebut.
  4. Komputer sering restart karena Hardisk bad sector
    Sebuah hardisk yang rusak atau bahkan terdapat bad sector didalamnya dapat menjadi penyebab komputer menjadi hang, muncul pesan bluescreen of deadth atau komputer ga bisa booting dan me-restart terus. Untuk mencegah kerusakan sekaligus memperbaiki hardisk tersebut kita bisa menjalankan program scandisk/checkdisk, men-defrag hardisk secara teratur dan pastikan selalu mematikan komputer dengan menekan tombol shutdown.
  5. Komputer sering restart karena RAM rusak
    RAM yang rusak juga bisa menyebabkan komputer sering restart, hal ini pernah saya alami beberapa waktu yang lalu. Saat itu komputer selalu restart ketika dinyalakan meskipun saya telah memastikan tidak ada masalah dengan hardware yang lain, komputer tetap tidak bisa booting dan selalu restart meskipun masuk ke windows safe mode. Saya kemudian mengganti RAM yang terpasang, dan akhirnya komputer bisa berjalan normal kembali.
Demikian cara service komputer yang sering restart. Semoga bermanfaat.

, , , PC Power Supply Repair reboot, , memperbaiki komputer yang hang & restart terus, mengapa pc bisa reboot sendiri, sebab cpu sering restart

Artikel Yang Terkait :

0 Comments
Comments

{ 0 comments... SilahkanTambah Komentar }

Post a Comment

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan comment aja. Kalo saya bisa jawab pasti akan saya jawab, dan Sebaliknya. Comment yang baik - baik aja jangan bikin Spam saya penuh.

♥ (●̮̮̃•̃)●̮̮̮̮̃̃•̃̃) Peace!!
♥ /█\ /█\
♥_||_ ||_ ♥

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Total Tayangan Laman