Loading Pencarian

Keunggulan Prosesor Dual-Core

Posted by samcro on Monday, June 13, 2011



Semakin majunya perkembangan di bidang teknologi juga berimbas pada makin hebatnya perangkat telekomunikasi seluler alias ponsel. Seperti halnya prosesor pada computer dan PC, kedepannya ponsel akan memasuki era dimana perangkat cerdas itu memiliki prosesor Dual Core dalam setiap spesifikasi produk. LG Optimus 2X yang mengawali kiprah awal ponsel berotak ganda tersebut tetapi, apa itu prosesor Dual-Core dan yang terpenting apa fungsinya dan bagaimana?
Sejatinya semua smartphone memiliki prosesor, atau juga yang dikenal dengan CPU. Prosesor disini melakukan banyak hal dan bertindak seperti halnya otak pada tubuh manusia. Dengan prosesor, si ponsel dapat melakukan operasional dan menjalankan kegiatan sehari-hari seperti loading aplikasi, loading data, akses internet atau sekedar menjalankan permainan dalam ponsel.
Perbedaan disini antara prosesor Single Core dan Dual Core dimana bahwa prosesor Dual Core memiliki dua prosesor (termasuk cache) yang terletak pada satu chip terintegrasi – yaitu dua prosesor dalam satu tubuh.
Lalu mengapa lebih baik daripada Single Core? Single Core prosesor tidak dapat memproses tugas paralel seperti prosesor Dual Core. Mengapa? Secara sederhana pada prosesor Single Core hanya da satu prosesor dalam satu unit pengolah inti tunggal, sehingga Single Core hanya dapat menjalankan satu tugas dalam waktu bersamaan. Pada sisi lain, prosesor Dual Core, dapat mengambil dua tugas sekaligus dan dapat menjalankannya bersamaan.
Dalam hal ini, prosesor Dual Core menyediakan dua inti bukan hanya satu, dan masing-masing memiliki kemampuan untuk mengelola tugas-tugas intensif secara parallel, sehingga lebih baik dalam menjalankan kemampuan multitasking atau membuka aplikasi secara bersamaan.
Lalu apa manfaat paling utama? Manfaat paling utama yang paling jelas adalah, dengan memiliki prosesor Dual Core memungkinkan si ponsel melakukan berbagai hal lebih cepat, lebih efisien dan efektif. Yaitu bahwa dengan Dual Core dapat memproses dua tindakan sekaligus dalam waktu bersamaan, yang berarti lebih mudah untuk system operasi perangkay untuk menjalankan berbagain aplikasi intensif. Tentunya kedepan  akan makin banyak smartphone maupun tablet yang akan meng-adopsi Prosesor Dual Core dalam produk terbaru mereka selanjutnya.  

Artikel Yang Terkait :

0 Comments
Comments

{ 0 comments... SilahkanTambah Komentar }

Post a Comment

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan comment aja. Kalo saya bisa jawab pasti akan saya jawab, dan Sebaliknya. Comment yang baik - baik aja jangan bikin Spam saya penuh.

♥ (●̮̮̃•̃)●̮̮̮̮̃̃•̃̃) Peace!!
♥ /█\ /█\
♥_||_ ||_ ♥

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Total Tayangan Laman